Simon Santoso melangkah ke semi final German Open GP Gold (Foto: PBSI)
Simon Santoso melangkah ke semi final German Open GP Gold (Foto: PBSI)
MÜLHEIM – Langkah para pendekar bulutangkis Indonesia di German Open Grand Prix 2012, masih membanggakan. Tujuh wakil yang tersisa dari berbagai nomor di babak perempat final, terdapat dua pejuang Garuda yang sementara berhasil lolos ke semi final.

Langkah tim merah putih ke empat besar, diawali tunggal putra Tommy Sugiarto. Putra legenda Icuk Sugiarto itu menembus semi final usai mengalahkan pebulutangkis Finlandia, Ville Lang lewat straight set.

Tommy yang menjadi unggulan kesembilan, dengan mudah melewati Lang dengan memenangi dua set langsung, 21-14 dan 21-14. Di babak semi final nanti, langkah Tommy akan kian berat. Pasalnya, Tommy harus berhadapan dengan unggulan pertama asal China, Lin Dan jika ingin lolos ke final tunggal putra.

Sayang, jejak Tommy itu tak mampu diikuti satu-satunya wakil di tunggal putri. Lindaweni Fanetri yang berhadapan dengan wakil Singapura, Juan Gu. Lindaweni kalah lewat dua set langsung, 17-21 dan 19-21.

Wakil tunggal putra kedua Indonesia, Simon Santoso harus susah payah menundukkan pebulutangkis Korea Selatan, Shon Wan Ho. Dalam durasi yang memakan waktu 1 jam 19 menit itu, Simon menaklukkan Shon lewat rubber set, 19-21, 21-19 dan 23-21.

Pukulan yang menyakitkan sempat kembali dirasakan tim Indonesia. Satu-satunya wakil di ganda campuran yang tersisa, Muhammad Rijal/Debby Susanto, juga harus menerima nasib serupa dengan Lindaweni.

Keduanya pulang dengan tangan hampa setelah dibekuk lewat tiga set dari pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam. Rijal/Debby harus mengakui keunggulan Sudket/Saralee lewat skor, 15-21, 21-16 dan 15-21.

Hingga detik-detik berita ini diturunkan, Indonesia masih menyisakan satu harapan lagi untuk memasuki babak semi final dini hari esok, yakni dari sektor ganda putra. Kiprah Indonesia di ganda putra tersisa satu wakil, Markis Kido/Hendra Setiawan yang harus meladeni pas`ngan China, Hong Wei/Shen Ye.

Hasil Sementara Wakil-wakil Indonesia di Perempat Final:
Tommy Sugiarto vs Ville Lang: 21-14, 21-14
Lindaweni Fanetri vs Juan Gu: 17-21, 19-21
Simon Santoso vs Shon Wan Ho: 19-21, 21-19, 23-21
Muhammad Rijal/Debby Susanto vs Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam: 15-21, 21-16, 15-21
Markis Kido/Hendra Setiawan vs Hong Wei/Shen Ye: ?

Skema Sementara Wakil-wakil Indonesia di Semi Final:
Tommy Sugiarto vs Lin Dan
Simon Santoso vs Jon Ø Jørgensen